Wednesday, May 30, 2012

Nokia Lumia 610: Lumpia Rasa Mangga




Lumpia rasa mangga
(baca: Nokia Lumia 610 with Windows Phone 7.5 Mango)

Sisi adventuris gw menyarankan untuk mencoba sesuatu yang gila, yang di luar kebiasaan, yang menantang, yang tarohannya maut!  yang adrenalin junkie gitu dehh.. Nah, karena gw gadget geek, jadi sesuatu ini jadinya ... nyoba OS lain selain Blackberry OS, iOS dan Android! ... Gila kan?

So I'm testing Windows Phone 7.5 Mango..

Well, sebenernya jaman dahulu kala disaat semua heboh pake Nokia, Symbian S60, gw prefer Windows Mobile.. sempet pake O2 XDA 2, Dopod 900, HTC Apache.. I might've been geek-er back then than today nih kynya ^^

But I'm back to testing Windows Phone now (formerly known as Windows Mobile)!

Windows Phone sekarang kerjanya udah lebih menyerupai sebuah smartphone, bukan sebuah windows yang bisa dibawa2.. Tampilannya lebih friendly (sudah jelas), dengan background layar yang hitam, dan memulai halaman utama dengan widget2 berbentuk bujur sangkar dan persegi panjang. Menurut saya, ini home screen yang terbaik dibandingakan dengan andro, iOS & blackberry.. you have to see it yourself. Semakin bagus layarnya, semakin tidak terlihat bahwa itu ada layarnya, bukan kotak2 melayang diatas layar super hitam.

Gw nyobanya di Nokia Lumia 610, yang merupakan seri Lumia paling "kurang" speknya. Dari yang spek terendah aja gw ngerasa ini cukup responsif.. (beda sama andro generasi awal, sblm dual or quad core). smooth pindah2 layarnya.. Nokia Lumia prosesornya "cuma" single core 800Mhz dengan memori 256mb dan storage 8Gb. Itu uda lumayan bangett!

Ada beberapa hal yang gw bilang bikin windows phone ini worth to consider:

Integrated Phonebook, they call it People
People adalah address booknya windows phone. Syaratnya supaya maksimal, lo harus punya twitter, facebook & linkedin. Log in.. dan selama contacts Anda (sedap.. "Anda") memasukan nama depan dan belakang yang sama persis di 3 account itu, ditambah phonebook internal, Mango akan langsung sync! jadi buka 1 nama, bisa tlp, sms, msg fb, mention, DM, email, etc...

Lebih kerennya lagi.. kalo dibikin group. Di group itu, klo kita uda masukin siapa2 aja orangnya.. kita bisa liat update twitter/fb/linkedin mereka di 1 kolom.. khusus update orang2 di grup itu.. semakin stalkers .... . . . . .

OfficeIni adalah yang terdekat ada office di smartphone.. yang lain cuma bisa menyerupai.. ini resminya! hampir cara pemakaian, fitur paling mendekati ya ini ini... iniii niii!

Xbox Live
Ini semacem Game Center-nya Apple, where you can collect points when you play games & share them with others.. tapiiii... game2 ini termasuk game Xbox! if you play Xbox and you play it online.. you'll get your scores in and you can share it.. Lebih dong dari game center?
tapi ada 2 syarat.. Xbox Live hanya berlaku di market place bukan Indonesia! hahaha.. so by the time you set your windows live account.. arahin ke UK atau US!


Nokia
nah.. klo ditambah Nokia.. Mango does much more than those! ada Nokia Music, Nokia Drive, Nokia Maps.. & Nokia Market Place.


Nokia Music: Beli Lumia apapun, dapet gratis download di nokia music selama 6 bulan.. jujur aja, koleksinya sih.. not my kinda thing.. but it might suits you :P

Nokia Drive & Nokia Maps: I'm a big fan of GPS. I'm using Tomtom Go 2050 & Tomtom apps di iPhone (on top of google mapsnya). Tapi Nokia Drive gak kalaaah! yang jelas lebih dari google maps! First of all you gotta download the maps. Maps Indo sekitar 170an Mb. This means, you can download more maps besides Indo, that's a plus! kedua, setelah di download, this map will be available offline (seandainya sinyal lo jelek jek).. tampilannya simple (kaya windows phone).. I like it! I LOVE IT!

This is not how to use it but umm.....
 


Nokia Market Place: Nokia sangat mendukung developers lokal! cintai produk lokal dong!
Lumia 610 pre loaded dengan 2 apps lokal: Movreak & Mindtalk! ini bentuk dukungan luar biasaaaaaaa... Bahkan sebelum launching Lumia 800, nokia ngumpulin developers (atau programmer apps deh sebutannya) untuk berlomba bikin apps untuk dijual di marketplace. Bahkan katanya developers sampe uda ada yang bisa beli apartemen dari duit jualan di marketplace! *siap-siap alih profesi*



Lumia 610 gak sempurna kok. Seperti biasa di review gw.. here comes the bad things! no offense.. just being objective.

  1. Marketplace belom lengkap.. bagi gw, belom ada Path & Instagram, berat!! #edisibancisosialmedia. tapi kata kuncinya: "belum" soo.. it will be there! hang on!
  2. MehDoh, recommended twitter apps di Mango feeeeeels so slow.. even the native twitter apps. 
  3. but hey.. 800Mhz single core mungkin jauh yaaa.. (I'm waiting for the 1.4Ghz Lumia 900, that should change the whole game)
  4. tunggu, nomer 3 harusnya gabung ke nomer 2 dan nomer 4....... ..  .. aah.. udah! itu doang kekurangannya bwt gw..
Nanti klo ada lagi, gw update. 

Kelebihannya sih harganya... dibawah 2.5jt untuk windows phone!! untuk coba2 pun gak rugi.. beli, coba, suka? pake terus, atau beli yg 900!.. ga suka? jual! paling rugi dikit.. but I doubt that you won't like it..

sekarang gw pake 3 smartphone.... :| ... *belajar juggling* *masuk sirkus* *freak*

1 comment:

  1. push mails gmn? calendar sync dgn outlook donk pastinya...? *iyalah kan windows phone ya*

    ReplyDelete