Thursday, May 24, 2012

Samsung Galaxy S3 menurut gw.....

#SamsungBlogger ! yang follow twit gw, mungkin akan merhatiin twit gw yang agak over Senen malem. Jadeh geneh.. Senen siang, out of nowhere, I got a DM from mbak @nuniek, seorang technopreneur yang berperan di @octovate, @startuplokal, @projecteden,  boleh dibilang doi selebnya startup lokal deh (I think). Mbak Nuniek agak ga enak badan dan gw diminta untuk gantiin.... ke launching Samsung Galaxy S3 khusus blogger! I was so turned on instantly and said YES! (faster than my fiance when she said yes! kidding honey, love you!)

Acaranya diadain di Rempah-rempah, Senopati sekitar jam 7 malem. Ternyata yang hadir anak2 @kopdarjakarta .. yang gw SAMA SEKALI ga ada yang kenal! ya udahlah yeee.. I didn't come to make friends, my eyes were set on S3! I met @rsuhe tho, frontman Pocari yang tersohor dan berpindah agama ke Samsung!

Samsung Galaxy S3, bagi gw akan bersaing ketat dengan HTC One X! tapi gw ga akan bandingin sama iPhone 4S. Like they said, you only compare Apple to Apple ;)

Mari coba kita review Samsung Professor ini, Let me get the specs out of the way:

  • Quad-band GSM and quad-band 3G support
  • 21 Mbps HSDPA and 5.76 Mbps HSUPA support
  • 4.8" 16M-color Super AMOLED capacitive touchscreen of HD (720 x 1280 pixel) resolution; Corning Gorilla Glass 2
  • Android OS v4.0.4 with TouchWiz launcher
  • 1.4 GHz quad-core Cortex-A9 CPU, Mali-400MP GPU, Exynos 4 Quad chipset, 1GB of RAM
  • 8 MP wide-angle lens autofocus camera with LED flash, face, smile and blink detection
  • 1080p HD video recording at 30fps
  • Dual-band Wi-Fi 802.11 b, g, n
  • GPS with A-GPS connectivity; GLONASS support, Digital compass
  • 16/32/64GB internal storage, microSD slot
  • Accelerometer, gyroscope and proximity sensor
  • Standard 3.5 mm audio jack
  • microUSB port with USB host and TV-out (1080p) support, MHL, charging
  • Stereo Bluetooth v4.0
  • FM radio with RDS
  • Great audio quality
  • Super slim at only 8.6mm
  • 2MP secondary video-call camera
  • Full Flash for the web browser
  • NFC support
  • Document editor
  • File manager comes preinstalled
  • Extremely rich video and audio codec support
  • Impressively large 2100 mAh battery

Let me start with the screen:
4.8" 16M-color Super AMOLED capacitive touchscreen of HD (720 x 1280 pixel) resolution; Corning Gorilla Glass 2 


S3 hadir dengan 2 warna, biru dan putih. Gw agak kecewa kenapa biru sebenernya, tapi Samsung menjawab katanya biar tampil lebih fresh, muda and gak boring.. samsung mencoba berasal dari alam, dengan mengambil beberapa elemennya. I still think there should be a black in every version of a phone. Gw jamin, klo item ada, putih ada, biru gak laku! taroan?
Casingnya dari bahan Hyperglass sementara HTC One X dari poly carbonat. secara feel, gw lebih suka One X.. tapi ini balik lagi ke preference :)


this is the biggest screen that a smartphone can have. Yang bisa nyaingin cuma Galaxy Note, which is 5.3", tapi gw ga tau deh Note itu mau disebut apa, ridiculously large smartphone? atau mini tablet? 
Yang juga blew my mind away is the resolution! looking so sharp & bright. 720 x 1280 pixel itu 314 dpi! Klo diitung ketajeman sih One X (320dpi dengan resolusi yang sama, 720 x 1280), tapi layar lebih besar 0.1" .. ada yang bilang pengaruh, ada yang gak.. your call! 
Yang keren lagi dari displaynya adalah covernya, kacanya, gorila glass 2, yang katanya 10-20% lebih tajem dari Gorilla Glass 1. ... penasaran gw, pengen gw minta buat jadi palu buat ngetok palu kaya video lumia 900 yang beredar di youtube hihi x)


Dari segi jeroan ga usa ditanyain lagi deh.. 1.4ghz quad core, gak yang paling kenceng (ada yang 1.5ghz) tapi ini udah lebih dari cukup, 1gb ram daaan.. lebihnya adalah storage yang expendable pake microSD sampe 32gb. (dasarnya 16/32gb)


Batrenya paling powerful.. 2100mAh. Kalo dari segi batre, gw ga pernah ngasih review tahannya berapa jam.. karena gw sendiri gak pernah nyoba, nungguin batre abis.. does people really have the time for that? :/ well.. tentu aja batre sangat dipengaruhi oleh pemakaian kita, segila apa, dan juga OS dan aplikasinya.. jadi.. .. I speak the numbers aja... 2100mAh, menang dari HTC One X yang 1800mAh, sorry! lebih jelas kan? 


Disitu samsung dengan bangga mengaku semua jenis konek...


ntar dulu, sakit perut...






..
..




back!


bangga dengan semua jenis koneksinya. GPSnya aja bukan GPS biasa.. tapi A-GPS (penentuan lokasi dengan bantuan gelombang GSM) dan GLONASS.. campuran Teknologi amerika dan Rusia. Wifinya? Dual Band! bukan GPRS doang, tapi 3G, HSDPA dan HSUPA ... tapii.. ga ngaruh kali ye klo di Indonesia :P


Kamera? 8mp with flash & burst shot.. 1 kali tahan pencet tombol shutter.. bisa foto 20 kali! dari situ, kita bisa pilih foto terbaik kita! impressive?  u bet!


Samsung gak hanya menawarkan hardware, tapi experience (udah kaya salesmen electrolux aje gw). OSnya Android 4.0.4 (yang terbaru yang ada sampe tulisan ini diturunkan). ada beberapa fitur yang menurut gw penting gak penting: Smart Stay, Direct Dial, S-Voice, S-Beam, 


Smart Stay: fitur yang bisa mematikan layar dengan menggunakan kamera depan untuk menangkap mata kita dan menguncinya. Setiap kita tidak melihat layar, layar akan mati dan baterai terhemat. Penting? :)


Direct Dial: fitur yang bilamana kita sedang membaca atau menulis SMS, lalu ingin langsung telp? tinggal tempelin ke kuping, dia otomatis nyambung.. sebenernya sih tinggal pencet tombol call bisa.. tapi.. yaaa.. penting? :)


S-Voice: Saingannya Siri.. to be honest, even I don't use Siri! Siapa disini pake Siri?? atau voice recognition lain? it looks fancy, but does it work well? Penting? :)


S-Beam: Fitur pemindahan data dengan metode bluetooth atau NFC. tempelin 2 smartphone yang bisa NFC (Near Field Communication), data ke transfer sendiri.. penting? :)


Kalo uda baca di twitter, ada 2 celeb Indonesia yang sudah menggunakan S3, Christian Sugiono dan Chantal Delaconceta. Tian biru, Chantal putih. Oleh karena itu, di acara itu hadir Christian (KENAPA BUKAN CHANTAL!!!!??) yang berbagi experiencenya memakai S3, I think we all know pretty much what he's gonna say, agree?


Samsung Galaxy S3 akan dijual tanggal 2 Juni 2012 dengan harga 6.999jt! dimana? belum diumumkan.. Ada berita juga bahwa S3 sudah di preorder sebanyak 9 juta unit di dunia. Ketahui order ini adalah oleh operator seperti verizon, sprint, vodaphone, etc.. Dan.. kalo ga laku, bisa di retur! jadi.. angka 9 juta unit belom tentu bisa menjadi ukuran valid. Lalu ada yang bertanya "di Indonesia, perlu pre-order ga?" | samsung menjawab "Ga dong, biar ngantri" | langsung saya teringat peristiwa ngantrinya BB Bellagio kemarin yang menyebabkan korban patah tulang dan pingsan-pingsan :(


I personally don't think people should line up like they did on bellagio.. and I personally don't think any phone manufacturer or operator should encourage it :( .. is it just me? 


can't we just buy online?


oh well.. Still is a very good product! I can say the best one for Android phone so far! honest! I'm just questioning the way they "Ga dong, biar ngantri" :s


Selamat mengantri :/







5 comments:

  1. keren bgt ya... kayanya android udah mulai keluarin taring gila2an buat merangin apple masbro.. hmmm... jadi kepengen pindah agama ke android, tapi kok masih sayang ama iphone ya :(

    ReplyDelete
  2. Hahaha! I know mate! belom lagi nanti lumia 900! enak banget intergacenya.. punya semuanya dooong ;)

    ReplyDelete
  3. Anonymous8:36 PM

    Wah review loe keren bgt,nyentrik,gw suka,tapi ngena bgt,.ntar review Lumia 900 ya.!

    ReplyDelete
  4. @anonymous .. thanks banget! Lumia 900.. siap! gak sabar nih :D

    ReplyDelete
  5. Tuker tambah Galaxy Ace jadi berapa ya?

    ReplyDelete